tepung jagung

Jimayule – Salah satu produk olahan dari biji jagung yang umum dijumpai di pasaran adalah tepung jagung, ingat bahwa jenis tepung yang satu ini berbeda dengan tepung maizena, baik itu dari segi penggunaan maupun rasanya. Jika maizena lebih dipakai dalam pembuatan sup atau untuk mengentalkan makanan, maka untuk tepung polenta ini sendiri memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan maizena.

tepung jagung

Ada 2 jenis tepung jagung yang dijual di pasaran, diantaranya adalah yang berwarna kuning dan satu lagi yang memiliki warna putih. Umumnya tepung yang satu ini memang digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue ataupun juga makanan layaknya bubur jagung, sehingga nantinya menghasilkan rasa yang khas. Selain digunakan untuk makanan, banyak juga yang memanfaatkannya untuk kecantikan, seperti digunakan sebagai masker wajah, digunakan sebagai bedak bayi hingga deodorant untuk ketiak yang alami.

Di balik manfaat-manfaat tersebut ternyata tepung polenta ini sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, yaitu:

1. Memperlancar pencernaan,

Polenta memang dikenal kaya akan kandungan serat yang pastinya sangat bermanfaat, apalagi untuk memperlancar pencernaan, sehingga bisa terbebas dari masalah pencernaan seperti diantaranya adalah sembelit.

2. Dapat mencegah anemia,

Bahan makanan ini nyatanya juga kaya akan kandungan zat besi, sumber utama yang digunakan dalam pembentukan sel-sel darah merah, sehingga bisa mengurangi resiko terkena anemia.

3. Menjaga kesehatan tulang,

Jagung juga mengandung senyawa yang bagus di dalam menjaga kesehatan tulang, mengurangi resiko terkena masalah tulang di usia yang sudah tua.

4. Mengobati alergi pada kulit,

Gigitan serangga atau mungkin ruam merah yang ada pada kulit bisa diobati menggunakan tepung ini, caranya adalah dengan memakainya pada area yang alergi tersebut, ada efek mendinginkan dan juga anti iritasi.

Apalagi tepung maizena dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang menggugah selera, tak perlu repot-repot membuatnya sendiri dengan menggiling biji jagung utuh yang ada, melainkan cukup dengan membeli produk instannya di pasaran.


Sorry! No related Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *