asuransi kendaraan

Jimayule – Suatu yang tidak diinginkan saat berkendara tidak bisa kita hindari dan bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, pentingnya asuransi kendaraan dapat membuat Anda merasa lebih tenang saat berkendara. Berbeda jika Anda tidak memiliki asuransi dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan maupun hilangnya mobil karena dicuri, dimana Anda akan merasa panik karena tidak adanya jaminan yang melindungi kendaraan Anda.

Jika mempunyai asuransi, maka apabila terjadi hal yang tidak diinginkan ketika berkendara, Anda bisa langsung mengajukan klaim asuransi. Dengan begitu Anda bisa berkendara tanpa cemas. Ya, asuransi ini akan memberikan Anda jaminan atas kondisi mobil yang dimiliki. Namun, perlu Anda ingat bahwa untuk mengklaim asuransi dibutuhkan ada dokumen-dokumen yang harus Anda siapkan. Diantaranya ialah sebagai berikut.

asuransi kendaraan

1. Mencatat Informasi Dasar Kendaraan

Jika terjadi hal buruk seperti terjadi kecelakaan di jalan, maka Anda sangat perlu mencatat informasi dasar kendaraan yang terlibat kecelakaan dengan Anda. Informasi dasar ini akan diperlukan dan biasanya menjadi dokumen dari klaim asuransi dari kendaraan Anda. Jadi, catatlah nomor kendaraan, nama pengendara yang terlibat kecelakaan, alamat, dan kontak pengendara yang terlibat kecelakaan..

2. Menanyakan Asuransi dari Pengendara Lain

Menanyakan asuransi dari pengendara lain yang terlibat kecelakaan dengan Anda dapat menjadi hal yang membantu saat ingin melakukan klaim asuransi. Maka jangan sungkan untuk menanyakan hal ini kepada pengendara lain yang terlibat dengan Anda. Jika ia memiliki asuransi, maka jangan lupa untuk meminta nomor polis.

3. Siapkan Surat-Surat Lengkap Kendaraan Anda

Untuk mempermudah saat ingin mengklaim asuransi kendaraan MSIG Anda, maka ada baiknya Anda menyiapkan surat-surat lengkap dari kendaraan. Dokumen ini perlu Anda siapkan sebagai bentuk antisipasi jika pihak asuransi memintanya. Siapkanlah dokumen-dokumen penting seperti STNK asli, BPKB, faktur kendaraan, hingga kunci duplikat kendaraan Anda.

4. Laporan Polisi Saat Terjadi Kecelakaan atau Kecurian

Ketika mengalami kecelakaan di jalan raya, bukan tidak mungkin masalah tersebut akan sampai pada pihak kepolisian. Dalam hal ini  laporan yang dibuat oleh polisi ini dapat sangat membantu Anda untuk mempermudah klaim asuransi dari kendaraan. Maka, siapkanlah laporan yang dibuat oleh polisi ini sebagai dokumen untuk melakukan klaim asuransi.

5. Foto Kerusakan Kendaraan

Agar memudahkan proses klaim asuransi, pastikan Anda tidak lupa untuk mendokumentasikan kerusakan pada kendaraan Anda. Foto ini akan menjadi bukti bahwa kendaraan Anda memang tengah mengalami kerusakan sehingga membutuhkan asuransi kendaraan MSIG.

6. Siapkan Surat Izin Mengemudi

Dokumwn lainnya yang dapat Anda siapkan saat ingin melakukan klaim asuransi kendaraan Anda adalah Surat Izin Mengemudi. Hal ini sangat perlu untuk Anda siapkan. Hal ini agar membuktikan bahwa Anda berkompetensi untuk mengendara dan bukan termasuk di bawah umur. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda dan akan mempermudah saat ingin melakukan klaim untuk asuransi dari kendaraan Anda.

Dokumen lain yang juga tidak boleh dilewatkan ketika proses pengajuan klaim adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). Surat ini akan menjadi portofolio bahwa Anda memang sudah memiliki izin mengemudikan kendaraan di jalan raya.

Demikianlah beberapa dokumen yang harus Anda siapkan ketika ingin melakukan pengajuan klaim asuransi untuk kendaraan Anda. Dokumen-dokumen tersebut akan memudahkan klaim sehingga kendaraan akan segera diperbaiki oleh penyedia asuransi. Jadi apabila saat ini Anda belum memiliki asuransi, sebaiknya Anda segera beli asuransi mobil agar mobil Anda mendapatkan perlindungan yang maksimal.


Sorry! No related Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *