Jimayule – Beberapa tahun terakhir, asuransi syariah lebih diminati karena pangsa pasar Indonesia saat ini lebih condong pada transaksi syariah. Asuransi berbasis syariah tadi pun sudah diverifikasi oleh Dewan Pengawas Syariah MUI sehingga menjamin semua transaksi sesuai dengan syariat. Inilah 3 konsep syariah yang diterapkan dalam asuransi ini.

1. Konsep Tabarru’

Inilah yang membuat asuransi berbasis syariah berbeda dengan asuransi konvensional lainnya. Asuransi berbasis syariah menggunakan konsep tabarru’ atau tolong-menolong. Seperti sistem donasi, dana dalam asuransi berkonsep syariah dikumpulkan dan diberikan untuk membantu nasabah lain yang mengalami musibah.

Konsep ini merupakan nilai plus dari asuransi berbasis syariah. Jadi, meski Anda tidak mengambil klaim selama membayar premi, Anda dapat membantu saudara sesama muslim yang membutuhkan.

2. Konsep Mudharabah

Asuransi syariah dikenal juga sebagai asuransi jiwa dan investasi. Tidak hanya mendapat keuntungan dari asuransi itu sendiri, Anda juga bisa sambil berinvestasi selama membayar premi pada asuransi berbasis syariah.

Investasi yang dilakukan juga merupakan investasi yang sesuai dengan syariah. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Dari mulai instrumen jangka pendek hingga jangka panjang. Dengan tingkat risiko beragam mulai dari tingkat rendah hingga tinggi.

Konsep pembagian keuntungan juga memakai sistem bagi hasil yang terhindar dari riba dan gharar (tidak jelas). Konsep pembagian hasil ini lebih menguntungkan Anda karena risiko yang akan Anda tanggung lebih kecil.

3. Konsep Wakalah bil Ujrah

Dalam asuransi berbasis syariah, dana sepenuhnya milik nasabah. Oleh karena itu, pengelola dana mengajukan akad wakalah bil ujrah atau sistem perwakilan dengan biaya untuk mengelola dana yang dihibahkan oleh nasabah.

Besaran biaya dan pendapatan yang akan diterima oleh pengelola dana telah ditentukan sejak awal dalam kesepakatan dengan nasabah. Inilah yang membedakan asuransi ini dengan asuransi konvensional. Karena ada kesepakatan yang jelas tentang jumlah keuntungan yang diambil oleh pengelola dana.

Itulah 3 konsep penting yang harus dimiliki asuransi jiwa dan investasi berbasis syariah. Jika Anda tertarik untuk mengikuti asuransi ini, Anda bisa memilih Allianz Syariah yang sudah teruji kinerjanya dan telah dipastikan menjalankan transaksinya sesuai syariat.

Allianz saat ini tengah mengadakan sebuah event bertajuk KadoUmroh Allianz. Event ini berupa kontes blog penulisan kisah-kisah inspiratif di sekitar kita yang menginspirasi dan berhak untuk mendapatkan kado umroh dari Allianz.

Telah terpilih 25 kisah inspiratif dari puluhan kisah lainnya. Anda bisa membaca dan memilih kisah yang paling menggunggah di kadoumroh.allianz.co.id dan wujudkan impian mereka agar bisa ke tanah suci.


Sorry! No related Post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *